Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Minggu, 05 Januari 2020

Ujian Akhir Yanbu'a, Tes Tahsin Qur'an Siswa SDI Baitul Makmur

Administrator Web







MALANG_BM-Sebanyak 64 siswa SD Islam (SDI) Baitul Makmur mengikuti ujian Tahsin Al Qur'an Metode Yanbu'a yang dilaksanakan di RTQ Al Hidayah Purwantoro, Kota Malang, pada Kamis (28/11/2019). Ujian yang dilaksanakan mulai pukul 12.30 diikuti siswa kelas 3, 4, 5, dan 6.
       Koordinator Madrasah Diniyah (Madin) SDI Baitul Makmur, ustadzah Dewi Muyassaroh, S.Pd, mengatakan seluruh siswa yang mengikuti ujian Yanbu'a ini diuji untuk diketahui kemampuannya dalam hal membaca Al-Qur'an.
       “Ada sembilan materi yang diujikan untuk mengetahui anak didik kami dalam hal membaca Al-Qur'an. Kesembilan materi tersebut adalah fashohah Al Qur'an dan fawatihus shuwar, ghorib atau ayat-ayat langka, tajwid, surat pendek (An-Naas s.d. Adh-Dhuha), doa harian, praktik sholat, praktek wudhu,  ilmu tauhid, dan yang terakhir kitabah dan asmaul husna,” papar guru SDI Baitul Makmur yang akrab disapa ustadzah Dewi, ditemui di sela-sela pelaksanaan ujian Yanbu’a. 
       Dia menambahkan, untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan sesuai standar, para pengujinya tidak sembarangan. “Semua penguji langsung dari Lajnah Muroqobah Thoriqoh Baca Tulis dan Membaca Al-Qur'an Yanbu’a (LMY) Malang Raya yang berdomisili di Kalipare, Karangkates,” tegas dia.
       Setelah ujian, lanjut ustdzah Dewi, semua peserta akan mendapatkan nilai  per materinya dan disimpulkan dengan nilai Lulus dan Khatam berupa kertas yang diberi nama Syahadah Yanbu’a. Rencananya, peserta ujian Yanbu’a yang lulus akan diikutkan dalam acara Wisuda Yanbu'a dan Tahfidz Baitul Makmur pada Sabtu, 11 Januari 2020, di Regent's Park Hotel.
        “Peserta ujian Yanbu’a akan diwisuda bersamaan dengan peserta ujian tahfidz Al-Qur’an. Pelaksanaan ujian tahfidz dilaksanakan pada 17 Desember di Pondok Pesantren (Ponpes) Baitul Makmur. Pesertanya beragam mulai dari siswa SD, SMP, SMK, dan Ponpes,” ujar dia.
       Menurut ustadzah Dewi, penggunaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di sekolah yang bernaung di Yayasan Baitul Makmur, khususnya jenjang sekolah dasar (SD), dimulai sejak tahun 2008. “Penerapannya sejak SDI Baitul Makmur berdiri tahun 2008 atau 11 tahun lalu,” kata dia.
       Pertimbangan penggunaan metode Yanbu’a di Baitul Makmur, menurut dia, karena guru-guru Madin yang mengajar di Baitul Makmur sudah bersyahadah Yanbu'a. Saat ini, guru Madin di Baitul Makmur yang sudah bersyahadah Yanbu'a berjumlah tujuh orang.
       “Pertimbangan lainnya adalah metode Yanbu'a pengarangnya adalah putranya Mbah KH Arwani Kudus, yang beliaunya jelas punya sanad/sambung guru ke Rasulullah SAW. Kami juga melihat materi-materi di Yanbu'a lebih lengkap pada materi tajwid dan ghoribul Qur'annya,” jelas dia.
       Sementara itu, Koordinator Madin Baitul Makmur  Zaenal Mustofa, S.Pd, menambahkan penerapan metode Yanbu’a di Baitul Makmur mulai dari SD kelas reguler. Artinya, disampaikan sesuai kurikulum dari metode Yanbu'a. Targetnya, 3,5 tahun selesai sampai jenjang wisuda Yanbu'a.
 “Pada tingkatan siswa SMP, Yanbu'a memakai program khusus dan ditargetkan satu setengah semester bisa selesai kemudian dilanjutkan ke tahfizh,” kata ustadz Zaen, sapaan akrabnya.
Menurut dia, metode Yanbu’a dipandang sebagai metode yang mempunyai sistem percepatan yang baik dalam penguasaan Al-Qur’an. Karena metode ini merupakan penyempurna dari metode belajar Al-Qur’an yang ada seperti: Qiro’ati, Iqro’, dan lainnya. Pemilihan metode Yanbu’a sendiri tidak lepas dari mudahnya akses dalam mendapatkan perangkat yang ada seperti: pedoman pembelajaran, buku, alat peraga, dan apabila terdapat permasalahan dapat dikonsultasikan langsung kepada penyusun metode tersebut.
“Hingga saat ini pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode-metode tersebut telah diterapkan di beberapa lembaga pendidikan, baik itu lembaga pendidikan formal atau pun non formal. Terdapat banyak sekolah yang menerapkan metode-metode ini, salah satunya Baitul Makmur,” kata ustadz Zaen. (hen)



Penulis/Editor:  Hendarmono Al Sidarto  

.


Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative