Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Minggu, 05 Januari 2020

Lengkapi Kurikulum Cambridge, Baitul Makmur Miliki Sendiri Buku Panduan Bahasa Inggris

Administrator Web







MALANG_BM-Akhirnya, SD Islam Baitul Makmur memiliki sendiri buku panduan Bahasa Inggris sebagai bahan ajar siswa. Buku ini diterbitkan untuk menyesuaikan kurikulum Cambridge yang diterapkan kembali di sekolah ini mulai tahun ajaran baru 2019/2020 dan sasarannya khusus kelas 1. 
Buku berjudul “English Worksheet Grade 1 Semester 1” ini disusun oleh enam guru SD Islam Baitul Makmur. Keenam guru tersebut adalah Mariatul Qibtiyah, S.S, Choirul Anisa, S.S, S.Pd, Emilia Rahmawati, S.Pd, Nofita Rofiatul Baroroh, S.Pd.I, Tia Ayu Zulaekha, S.Pd, dan Rara Kirana Gelista, S.Pd.
Koordinator Tim Penyusun English Worksheet Grade 1 Semester 1, Rara Kirana Gelista, S.Pd, mengatakan, tujuan dibuatnya buku panduan Bahasa Inggris ini supaya SD Islam Baitul Makmur memiliki kurikukulum sendiri merujuk pada Cambridge yang menjadi acuan bahan ajar. Pasalnya, selama ini belum ada buku pegangan milik sendiri yang digunakan.
“Buku dari Cambridge terlalu berat untuk anak-anak di sini (SD Islam Baitul Makmur). Karena itu Baitul Makmur berinisiatif membuat buku sendiri dengan tetap mengacu kurikulum Cambridge,” kata guru yang akrab disapa teacher (Tc.) Rara ini.
Dia menambahkan, untuk menyelesaikan “English Worksheet Grade 1 Semester 1” ini butuh waktu sekitar 1 tahun. “Pengerjaannya mulai bulan Agustus 2018 saat masih ada Bu Tia (Tia Ayu Zulaekha, S.Pd) mengajar di sini (SD Islam Baitul Makmur). Buku ini selesai dicetak pada Agustus 2019,” ujarnya.
Anggota Tim Penyusun English Worksheet Grade 1 Semester 1,  Emilia Rahmawati, S.Pd, mengatakan, untuk menyusun buku panduan  Bahasa Inggris ini tim penyusun berkoordinasi dengan tim Cambridge Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM).
 “Dengan selesainya English Worksheet ini, memudahkan siswa kelas 1 belajar Bahasa Inggris. Kelebihan dari buku ini adalah karena dibuat sendiri sehingga kami bisa menyesuaikan dengan kemampuan siswa,” kata Tc. Emilia.
      Menurut dia, saat ini tim penyusun sedang mempersiapkan buku Bahasa Inggris jilid II. Ditargetkan buku jilid II ini bisa digunakan sebagai bahan ajar pada semester II/2020.
Sebelumnya, Kepala SD Islam Baitul Makmur Dra. Hj. Fatimah, M.M, menegaskan pihaknya kembali menggunakan kurikulum Cambridge International sebagai bahan ajar siswa SD Islam Baitul Makmur. Penerapannya dimulai tahun ajaran baru 2019/2020 dan sasarannya khusus kelas I. 
Menurut Bu Fat, sapaan akrab Dra. Hj. Fatimah, M.M, keputusan untuk memakai kembali kurikulum Cambridge karena adanya kemudahan-kemudahan yang didapatkan Baitul Makmur dalam penerapannya. Sebelumnya, kurikulum ini pernah diterapkan sejak 2008 namun sempat terhenti dalam dua tahun terakhir.
Selain itu, lanjut dia, alasan kuat untuk menggunakan kembali Kurikulum Cambridge adalah adanya persetujuan dari Ketua Yayasan Baitul Makmur, Drs. H. Rolla Gino Pribadi. (hen)



Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto


Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative