Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Minggu, 12 Januari 2020

Abah Gino Umrahkan Wisudawan Tahfidz Qur’an

Administrator Web







*92 Santri Ikuti Wisuda Yanbu’a dan Tahfidz 


MALANG_BM-Yayasan Pendidikan dan Sosial Baitul Makmur Malang menggelar acara Wisuda Yanbu’a dan Tahfidz Al-Qur’an Juz 29, Juz 30, dan 5 Juz Tahun 2020. Sebanyak 92 santri diwisuda dengan rincian wisudawan Yanbu’a 63 siswa dan wisudawan Tahfidz 29 siswa. Acara ini digelar pada Sabtu (11/1/2020, di Regent's Park Hotel Malang.

       Wisudawan Yanbu’a sebanyak 63 siswa ini merupakan siswa kelas 3, 4, 5, dan 6 SD Islam (SDI) Baitul Makmur. Mereka berhasil lulus setelah mengikuti ujian Tahsin Al Qur'an Metode Yanbu'a yang dilaksanakan di RTQ Al Hidayah Purwantoro, Kota Malang, pada Kamis (28/11/2019).

Wisudawan Tahfidz terdiri dari santri jenjang SD, SMP, SMK, dan Pondok Pesantren Baitul Makmur. Rinciannya, jenjang SD berjumlah 16 santri dengan kategori Juz 30 sebanyak 13 santri, Juz 29 sebanyak 2 santri, dan 5 Juz sebanyak 1 santri.  Di jenjang SMP, jumlah yang diwisuda sebanyak enam santri untuk kategori Juz 30. Sedangkan pada jenjang SMK, jumlah santri yang diwisuda mencapai 5 siswa untuk kategori Juz 30. Sementara, santri Pondok Pesantren Baitul Makmur yang ikut diwisuda sebanyak dua orang untuk kategori Juz 30. Wisudawan Tahfidz ini diwisuda setelah lulus mengikuti ujian pada 17 Desember 2019.
Ketua Pelaksana Wisuda Yanbu’a dan Tahfidz Al-Quran Juz 29, Juz 30, dan 5 Juz Tahun 2020, ustadz Samsul Arifin, S.Pd.I mengatakan, dalam prosesi wisuda ini ada acara sungkeman antara santri dengan kedua orang tuanya. “Acara sungkeman merupakan tradisi yang mewarnai prosesi wisuda Yanbu'a dan Tahfidz. Dalam pelaksanaannya, satu persatu santri duduk bersimpuh dan mencium tangan kedua orang tuanya. Suasana haru pun menyelimuti kegiatan tersebut. Tak sedikit dari santri maupun wali santri menitikkan air mata saat mengikuti kegiatan ini,” papar ustadz Samsul ditemui di sela-sela acara wisuda.
Menurut ustadz Samsul, kegiatan sungkeman ini salah satu bentuk untuk menunjukkan akhlakul karimah. "Sungkeman ini menunjukkan mereka taat dan patuh kepada kedua orang tua," ujar dia.
Selain sungkeman, lanjut dia, para santri juga diuji secara terbuka oleh undangan yang hadir dalam acara wisuda ini. Undangan yang terdiri dari  wali santri, pengurus yayasan, dan perwakilan institusi dipersilakan memilih secara acak wisudawan yang akan diberi pertanyaan.

“Alhamdulillah, dalam ujian terbuka ini santri wisudawan Yanbu’a dan Tahfidz berhasil menjawab dengan lancar pertanyaan para undangan. Hal ini menunjukkan kemampuan santri sangat baik,” papar dia.
       Di antara undangan yang mengajukan pertanyaan adalah Drs Mukhlis, M.M, Kepala pada Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Malang, menguji kemampuan wisudawan Tahfidz dan dijawab dengan benar. Wisudawan yang menjawab pun diberikan hadiah secara spontan berupa uang oleh Drs Mukhlis, M.M.
       Bahkan, yang menarik adalah lontaran pertanyaan langsung dari Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Baitul Makmur, Drs Rolla Gino Pribadi untuk menguji santri wisudawan Tahfidz. Ketua yayasan yang akrab disapa Abah Gino ini melantunkan potongan ayat suci Al-Qur’an untuk diteruskan kelanjutannya. Salah satu santri, yakni Muhammad Chaidar Djunaedy, Kelas 8 SMP Islam Baitul Makmur yang mengacungkan tangannya lantas ditunjuk Abah Gino untuk meneruskan potongan ayat tersebut. Muhammad Chaidar kemudian menjawab dengan benar. Abah Gino pun memberikan hadiah kejutan berupa umrah kepada siswa Kelas 8 ini.
       “Hadiahnya berupa umrah bersama saya dan keluarga yang in syaa Allah akan dilaksanakan tahun ini juga,” kata Abah Gino yang disambut tepuk tangan tamu undangan yang hadir di acara wisuda tersebut.
      Sementara  itu, dalam wisuda tersebut disebutkan  . para wisudawan terbaik di masing-masing kategori. Untuk santri wisudawan Yanbu’a terbaik pertama diraih Adinda Syafa Firdausi dan terbaik II Azzalia Attaya Putri.
Wisudawan terbaik kategori Tahfidz Qur’an Juz 30 masing-masing jenjang adalah Maisie Fentya Calista (SD Islam (SDI) Baitul Makmur), Muhammad Chaidar Djunaedy (SMP Islam (SMPI) Baitul Makmur),  dan Djourdi Amrida Pratama (SMK Baitul Makmur).   
Wisudawan kategori Tahfidz Qur’an Juz 29 SDI Baitul Makmur terbaik I Dinda Aulia Safitri dan terbaik II Huriya Hafizha Azizah. Sedangkan wisudawan t erbaik Tahfidz Qur’an 5 Juz diraih Cholilatuz Zuhriyah. (hen)

  

Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto


Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative