Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Minggu, 21 Juli 2019

Samakan Persepsi antara Orang Tua dan Sekolah

Administrator Web






MALANG_BM-Yayasan Baitul Makmur menggelar acara parenting untuk orang tua siswa baru SD Islam Baitul Makmur dan SMP Islam Baitul Makmur di ruang pertemuan SD Baitul Makmur pada Jumat (21/6/2019). Acara ini menghadirkan narasumber Dr. Dra. Hj. Umi Dayati, M.Pd, dosen Universitas Negeri Malang (UM) yang juga motivator  tingkat nasional hingga ASEAN.

      Menurut Umi, sapaan akrab Dr. Dra. Hj. Umi Dayati, M.Pd, maksud dan tujuan digelarnya parenting ini adalah untuk menyamakan persepsi antara orang tua dan sekolah. Ini dilakukan biar tidak ada dusta di antara dua-duanya.
“Jadi bocahe (anaknya) nanti mendapatkan pemahaman yang utuh. Sekolah karepe ngopo, opo kurang ngopo dadi satu (Sekolah inginnya bagaimana, apa kurang bagaimana jadi satu). Saya masalah psikologinya, bagaimana caranya mendidik anak di rumah dan sekolah tidak ada bedanya. Di sekolah butuh kasih sayang di rumah ya jangan dimarahi,” papar dia.
Lebih lanjut dijelaskan Umi, setiap anak punya sembilan kecerdasan otak yang dikenal dengan istilah kecerdasan majemuk (multiple intellegences). “Jangan dipaksa anaknya beralih. Ibaratnya, ikan lele tidak akan bisa berubah menjadi gurami. Ikan gurami tidak bisa berubah menjadi cebong. Biarkan apa adanya jadinya ikan gurami yang baik. Jadi, sebaiknya memang di awal kegiatan (menyamakan persepsi). Kalau sudah tengah-tengah agak sulit. Kalau diawal kegiatan otaknya masih bening,” ulas dia.
Dengan demikian, lanjut Umi, sekolah bersama orang tua siswa berjalannya enak ketika mendidik anak, tidak ada selegenje. “Tadi juga saya ceritakan yang saat ini menggoda anak-anak SMP adalah seks bebas, video porno, dan HP (handphone). Itu masalah yang sekarang  lagi ramai. Nah, itu orang tua dan guru ayo kerja sama. Gurune melarang, orang tuanya melepaskan. Itu nanti membuat anaknya bingung. Jadi kerja sama antara orang tua, guru dan ditambah masyarakat,” pungkasnya.
Sementara itu, dalam acara tersebut Kepala SD Islam Baitul Makmur Dra.Hj. Fatimah, M.M, memberikan penjelasan secara garis besar tentang lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Baitul Makmur, yakni KB/TK, SD Islam, SMP Islam, SMK, dan Pondok Pesantren.

Kepala sekolah yang akrab disapa Bu Fat ini memberikan penjelasan secara menyeluruh tentang lembaga pendidikan yang bernaung di Yayasan Baitul Makmur, mulai dari sarana dan prasarana yang tersedia, visi misi, proses kegiatan belajar dan belajar (KBM), program-program sekolah, dan lain-lain.   
Sebelumnya, Kepala SMP Islam Baitul Makmur Ahmad Nur Syadzili, S.Pd, M.Pd, mengatakan hal yang sama tentang SMP Islam Baitul Makmur secara garis besar. Penjelasan ini untuk memberikan gambaran dan pemahaman kepada orang tua siswa yang anak-anaknya disekolahkan di SMP Islam Baitul Makmur.  
Baik Bu Fat maupun ustadz Nur, sapaan Ahmad Nur Syadzili, berharap ada kerja sama yang erat antara orang tua siswa dengan sekolah sehingga dapat membantu kelancaran proses KBM di Baitul Makmur. (hen)


Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto

Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative