Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Jumat, 21 Juni 2019

Perpisahan, Kelas 6 Gelar Perjusab

Administrator Web





Diagendakan Setiap Tahun


MALANG-BM-Usai melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019, siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Islam (SDI) Baitul Makmur mengadakan perpisahan dengan cara unik yakni menggelar Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusab). Acara ini digelar pada 26-27 Apri 2019 bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Malang Jalan Wisnuwardhana No.7.
      Ketua Panitia Pelaksana Perjusab SDI Baitul makmur, Syamsul Arifin, S.Pd.I, mengatakan perpisahan kelas 6 dengan acara kemah bersama ini baru dilakukan pertama kali. “Ide awal digelarnya acara kemah bersama ini berdasarkan usulan dari wali murid kelas 6. Mereka minta perpisahan siswa kelas 6 dibuat kemah bersama. Apalagi, selama sekolah di Baitul Makmur anak-anak belum pernah mengadakan kemah bersama, baik itu persami (perkemahan sabtu-minggu), perjusab, dan-lain-lain. Karena itu, wali murid minta perpisahannya dibuatkan kemah bersama,” papar teacher Syamsul, sapaan akrabnya.
Menurut dia, awalnya kemah bersama yang akan dilakukan adalah persami, namun tidak jadi  dan diajukan menjadi perjusab. Hal ini disebabkan anak-anak banyak yang ikut tes ke tingkat selanjutnya di hari minggunya. “Acara perkemahan ini memang baru kali pertama dilakukan. Tetapi, ke depannya akan diagendakan rutin setiap tahun tidak hanya kelas 6 saja, juga siswa kelas 4 dan 5,” ujarnya.
Dia menjelaskan, acara perjusab dimulai pukul 15.00 dengan menggelar upacara di lokasi kemah. Seusai pembukaan dilanjutkan pembentukan kelompok sebanyak 5 kelompok. Malam harinya diadakan kegiatan pentas seni (pensi) per kelompok hingga pukul 21.00. Usai pensi dilanjutkan acara api unggun yang diisi dengan pesan kesan siswa selama sekolah di Baitul Makmur. “Ada beberapa anak yang menangis, mungkin karena terharu akan berpisah setelah enam tahun berkumpul di Baitul Makmur,” kata dia.
Sedangkan agenda kegiatan hari Sabtu, teacher Syamsul mengatakan, mulai pukul 03.00 anak-anak dibangunkan dari tidur untuk diajak sholat tahajud yang dilanjutkan sholat subuh berjamaah. Usai senam bersama pukul 06.00, anak-anak mengikuti lomba memasak mi rebus dan telur ceplok yang dilakukan per regu. Hasil memasak selain dinilai juga sekaligus untuk sarapan anak-anak sebelum menjalani acara jelajah.
“Acara jelajah mengelilingi sekitar 2 kilometer di sekitar lokasi kemah. Dalam jelajah ini anak-anak harus melewati empat pos. Usai jelajah dilanjutkan penutupan perkemahan,” kata dia. (hen)





Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto




Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative