Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Minggu, 03 Februari 2019

Belajar di Alam, KB/TK Baitul Makmur Kunjungi SanHikmah

Administrator Web





MALANG_BM-Sebanyak 36 siswa Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB/TK) Baitul Makmur berkunjung di Sekolah Alam SanHikmah SanHikmah, Perum Villa Gunung Buring, Cemorokandang, Malang, Rabu (30/1/2019), untuk melakukan wisata edukasi.  Kedatangan puluhan siswa ini untuk dikenalkan lingkungan dengan berinteraksi langsung dengan alam, tumbuhan, dan hewan yang tidak didapatkan di bangku sekolah. 


       Siswa KB/TK Baitul Makmur tersebut sangat antusias mengikuti kegiatan para instruktur SanHikmah yang dilakukan oleh siswa Kelas X SMK Baitul Makmur. Mereka diajak berkegiatan menangkap ikan, diajari pembibitan tanaman, melihat-lihat aquaponik, dan diajak memberi makan hewan ternak kambing..
       Kepala Sekolah KB/TK Baitul Makmur Dewi Masita, S.Pd.I mengatakan, kegiatan belajar di alam sangat penting bagi anak didik untuk mengenalkan lingkungan.
Siswa dikenalkan langsung dengan alam, melihat hewan atau tanaman bukan hanya gambar saja, namun langsung pada fisik binatang atau tanamannya.

“Dengan wisata edukasi ini, anak-anak lebih senang dan lebih enjoy dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya berhubungan dengan alam. Apalagi pembelajaran di KB/TK itu harus otentik atau nyata. Jadi ketika memberikan  pembelajaran tentang ikan, ya harus ikan beneran yang ditunjukkan ke anak-anak. Tentang tanaman, dipraktikkan langsung bagaimana cara menanam. Ya seperti itu yang diajarkan ke anak-anak,” papar guru yang akrab disapa Bu Sita ini.
       Menurut dia, kegiatan belajar dengan alam ini sebelumnya juga sudah dipraktikakan di sekolah, namun skalanya lebih kecil dan tempatnya juga hanya di dalam kelas.  Diungkapkannya, kegiatan wisata edukasi bagi  murid KB/TK Baitul Makmur ini tidak hanya dilakukan pada tahun ini saja, tetapi sudah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan setiap semester.  

       “Agenda lainnya di semester II ini akan mengunjungi Kantor Polisi. Sedangkan yang semester I sudah dilakukan kunjungan di  Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar). Dari Damkarini, anak-anak diajari tugas-tugasnya petugas damkar, peralatannya seperti apa,naik mobil damkar, dan lainnya,” jelasnya. (hen)

Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto

Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative