Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Kamis, 28 Februari 2019

1.100 Peserta Ramaikan Akreamus V Yayasan Baitul Makmur

Administrator Web







MALANG_BM-Ajang Kreasi Anak Muslim (Akreamus) V 2019 resmi dibuka oleh Ketua Yayasan Baitul Makmur Drs. H. Rolla Gino Pribadi, Jumat (1/3/2018). Acara yang digelar untuk memperingati dan memeriahkan Dies Natalis ke X Yayasan Baitul Makmur ini disambut antusias oleh masyarakat yang memadati di lokasi acara, halaman sekolah SD Islam Baitul Makmur.
Akreamus yang digelar selama dua hari, Jumat  dan Sabtu (2/3/2019), bertujuan untuk menggali kreativitas peserta dan memperkenalkan lembaga pendidikan formal dan non-formal yang bernaung di Yayasan yang beralamat di Jalan Sawojajar 17B No. 58. Di lembaga ini terdapat pondok pesantren, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD Islam, SMP Islam, dan SMK. Acara ini diikuti oleh siswa kelompok bermain (KB), taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama (SMP) se-Malang Raya.
Ketua Pelaksana Akreamus V 2019 Dewi Muyassaroh, S.Pd.I mengatakan, sebanyak 1.100 siswa dari berbagai sekolah berpartisipasi mengikuti berbagai lomba yang digelar. ”Alhamdulillah, jumlah peserta lomba untuk mengikuti Akreamus V tahun ini melebihi target,” kata dia, di sela-sela acara Akreamus V, kemarin.

Dijelaskan dia, di tingkat KB ada dua macam lomba yakni gerak dan lagu yang diikuti oleh 12 grup serta lomba mewarna yang diikuti 19 anak. Sedangkan di tingkat TK ada empat kategori lomba yakni hafalan asmaul husna (11 grup), mewarna (55 anak), hafalan surat pendek (62 anak), dan drumband (18 grup).
Di tingkat SD, lanjut dia, ada tiga macam lomba yang digelar yakni, hafalan surat pendek yang diikuti 39 anak, group singing competition (GSC) diikuti empat grup, dan Al-Banjari yang diikuti 11 grup. Sedangkan di tingkat SMP hanya satu lomba yang digelar yakni Al-Banjari yang diikuti oleh sembilan grup. 
Dia mengungkapkan, lomba Al-Banjari untuk tingkat SMP ini baru digelar tahun ini. Dalam lomba tersebut setiap grup terdiri dari 10 orang. “Khusus lomba drumband pelaksanaannya akan digelar besok (Sabtu, 2/3/2019) bersamaan dengan penyerahan hadiah para pemenang lomba. Sedangkan lomba-lomba lainnya tuntas digelar hari ini (Jumat, 1/3/2019),” jelas dia.
Dia menambahkan, semua lomba yang dalam bentuk grup akan mendapatkan trophy, piagam, dan uang pembinaan. Misalnya, lomba drumband  pemenang juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan uang pembinaan yang nilainya mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta. Sedangkan yang individu hanya mendapatkan trophy dan piagam.
Antusiasme peserta lomba seperti diungkapkan Anas, Guru Agama SDN Gadang 3, yang mendampingi siswanya saat mengikuti lomba dalam Akreamus V ini. “Kami mengirimkan 10 siswa untuk mengikuti lomba di Akreamus ini, yakni lomba hafalan surat pendek dan Al-Banjari. Keikutsertaan kami memang baru tahun ini namun kami menyambut baik acara ini karena bisa untuk melatih keberanian siswa dalam mengikuti lomba lainnya,” papar Anas.
Antusiasme masyarakat yang datang di acara Akreamus V ini juga terlihat di lokasi lomba Al-Banjari. Mereka memenuhi tempat duduk yang disediakan di sekitar panggung yang didirikan di halaman sekolah untuk menonton sekaligus  memberikan dukungan kepada peserta yang tampil. Penampilan peserta seni musik rebana yang dimainkan oleh 10 orang peserta ini banyak yang memukau penonton. Menggunakan teknik memukul rabban dengan tangan dan menghasilkan irama yang nyaman untuk dinikmati bersama alunan sholawat Nabi. Namun, dalam lomba kemarin tidak hanya sholawat saja yang dilantunkan peserta lomba. Tetapi lagu-lagu Islami yang lagi ngetop seperti yang dinyanyikan grup musik Syabian "Ya Habibal Qolbi" turut dilantunkan.
Sementara itu, selain lomba, untuk memeriahkan Akreamus V 2019 juga digelar bazaar yang berlangsung di lokasi acara. Selain aneka makanan yang dijual, ada stan khusus dari SMK Baitul Makmur yang menyediakan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh siswa Jurusan Keperawatan SMK Baitul Makmur. 
Banyak pengunjung yang saat mengantarkan anak atau siswanya ke acara Akreamus V untuk mendapatkan layanan gratis ini. Tampak Ketua Yayasan Baitul Makmur Drs. H. Rolla Gino Pribadi juga mendatangi stan SMK ini untuk diperiksa kesehatannya dengan mengecek tekanan darahnya. (hen)



Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto

Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 komentar:

  1. Kelancaran acara sbg agenda tahunan di harapakan menjadi ajang kreativitas anak didik...

    BalasHapus

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative