Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Rabu, 31 Oktober 2018

Diakreditasi, Tim Asesor BAN S/M Jatim Visitasi SMP Islam Baitul Makmur

Administrator Web
MALANG_BM- Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Provinsi Jawa Timur melakukan visitasi (kunjungan) ke SMP Islam Baitul Makmur, Selasa (30/10/2018). Kunjungan ini untuk mengetahui sejauh mana sebuah lembaga pendidikan yang berstandar nasional dan layak sebagai lembaga pendidikan berkompeten. 

Tim Asesor BAN S/M Jatim, Enny Faroina  Chasdiyati mengatakan, semua lembaga pendidikan harus melalui proses ini, sehingga akreditasi visitasi bukan hal yang menakutkan akan tetapi merupakan tambahan pemicu melengkapi sebuah lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan agar sebuah lembaga pendidikan, khususnya SMP Islam Baitul Makmur, lebih layak serta sangat berkualitas untuk menghasilkan anak didik yang bagus dan berintegritas mutu pendidikannya.
"Tentunya, tetap mengacu pada standar nasional pendidikan," tegas Enny didampingi rekannya, Sunarni di sela-sela kunjungan. 
Dalam evaluasinya usai visitasi, Enny menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan akreditasi segala sesuatu harus dibuktikan walaupun sebagai guru sudah melaksanakan tugasnya, seperti beberapa hal harus didokumentasikan dan tercatat. Misalnya, ada yang bertanggung jawab terhadap dokumen surat keputusan (SK-SK) sehingga legal sebagai bukti, kemudian untuk secara fisik penyiapan sarana dan prasarana (sarpras) diperhatikan secara benar untuk peruntukannya, dan lainnya.
“Mudah-mudahan untuk ke depannya, tertib dokumentasi  agar tidak menyulitkan dalam akreditasi di masa mendatang. Apapun yang dilaksanakan kita memang mengacu pada kurikulum  agar di-link-an dengan instrumen akreditasi yang ada sehingga tidak dua kali kerja,” jelasnya.
Enny pun mengungkapkan, dalam penilaian akreditasi banyak hal-hal yang sederhana yang dilengkapkan, salah contohnya gudang. Di SMP Islam Baitul Makmur sudah betul peruntukannya, yakni untuk menyimpan barang yang masih terpakai bukan barang yang rusak dan dalam posisi terkunci. Oleh tim asesor, kondisi ini difoto untuk pendukung data penguat sekolah.
Selain itu, lanjut dia, yang harus diperhatikan hal-hal sepele dan relatif murah, contohnya penangkal petir. Soal penangkal petir ini sudah dijawab karena belum selesai pembangunannya. Tapi sebaiknya tetap dipasang. Sedangkan terkait tabung pemadam kebakaran hendaknya ada di ruang laboratorium dan perpustakaan.
“Sebetulnya kalau lebih detil saya tanyakan tentang jurnal program dan penanggung jawab UKS. Serahkan saja (UKS) kepada guru olahraga, kan nyambung. Saran kami, UKS itu sebaiknya tidak berada di lantai dua karena takutnya kalau ada siswa yang pingsan harus diangkat ke lantai atas, kan merepotkan. Carikan ruang di lantai bawah.Jadi ketika ada anak yang pingsan bisa segera dibawa ke ruang UKS,” kata dia.
Kemudian soal perpustakaan, menurut Enny, harusnya ada program, ada penomoran buku sesuai standar yang ada. Tugas seperti ini bisa diserahkan saja kepada guru Bahasa Indonesia. Laboran juga demikian diserahkan ke guru IPA. Di situ harusnya ada program, jurnal, inventaris barang, kemudian pisahkan juga lemari bahan dengan lemari alat. Mumpung nanti akan dibangunkan lab, nah sekalian ditata. Jadi di dalam lab itu, depannya harus untuk memposisikan meja demo, harus panjang, dan lebih tinggi posisinya sehingga anak yang di belakang kalau ada teman yang praktik terlihat. Selain itu, ada program, ada jurnal juga ada jadwal untuk masuk ke lab.
Enny menyarankan, kepala sekolah terus bersinergi atau melakukan connecting dengan pengawas sekolah, apa saja yang harus dilakukan. Kalau pengawas berkenan pasti akan mengarahkan. Selain itu, sering bertanya, jangan malu. Apalagi, sekolah ini punya kelebihan SDM muda-muda yang bisa diajak lari untuk maju.

“Pesan saya, sekolah ini kan berbasis agama Islam, seandainya ada suatu program anak yang lulus sekolah dari SMP Islam Baitul Makmur ini ada yang hafis, agar terdengar ke luar. Jadi bisa menjadi daya tarik. "Nggak harus semua (hafis),memang berat. Misalnya setahun anak 2 atau 3 yang hafis kan membanggakan. Lalu undang orangtuanya biar ikut bangga. Jadi setiap titik prestasi anak pamerkan kepada orang tua.
Terkait hasil akhir penilaian dari visitasi tim asesor ini, Enny mengatakan akan keluar setelah Desember. “Perkiraan, hasilnya (penilaian akreditasi) setelah Desember dari sekarang, atau awal tahun depan,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala SMP Islam Baitul Makmur Ahmad Nur Syadzili, S.Pd mengatakan, kami mengucapkan banyak terima kasih atas saran-saran dan juga ilmu yang telah diberikan kepada kami khususnya keterkaitan dengan pengembangan lembaga SMP Islam Baitul Makmur.
Nur mengatakan, dalam visitasi akreditasi ini tim asesor melihat-lihat administrasi sekolah, peninjauan langsung kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas,  perpustakaan, laboratorium, dan UKS. (hen)


Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto

Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 komentar:

  1. Semoga lebih maju, berkah dan mau belajar untuk lebih baik lagi

    BalasHapus

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative