Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Kamis, 18 Oktober 2018

Bentuk Karakter Siswa, SMP dan SMK Baitul Makmur Gelar Outbound Bersama

Administrator Web
MALANG_BM-Memanfaatkan waktu usai melaksanakan Penilaian Tengan Semester (PTS) Semester I/2018, SMP dan SMK Baitul Makmur menggelar outbound bertajuk Fun and Leadership Training di Coban Talun, Batu, pada 5-6 Oktober 2018. Kegiatan ini, dikuti oleh seluruh siswa kelas VII sampai kelas XII dan guru SMP dan SMK Baitul Makmur.

Koordinator Fun and Leadership Training SMP dan SMK Baitul Makmur, Febby Cahya Triandra, S.Pd, M.Pd, mengatakan digelarnya outbound bertujuan untuk melatih siswa bertanggungjawab terhadap diri sendiri. Karena itu, berbagai kegiatan yang menunjang acara ini digelar.

“Makanya, pada malam harinya ada acara api unggun, selanjutnya pagi-pagi tracking area naik gunung lalu turunnya  ambil atau pungut sampah sepanjang mereka turun. Luar biasa, jadi kanan kiri jalan anak-anak ambil sampah,” kata Wakil Kepala Kurikulum SMK Baitul Makmur ini.

Harapannya, lanjut dia, aksi pungut sampah itu bisa menjadi karakter  siswa SMP dan SMK untuk dibawa ke sekolah dalam proses kebersihan di lingkungan tempat belajar mereka sehari-hari. Hal ini sesuai tuntunan dalam Islam yakni at-thuhurus syatrul iman (kesucian itu bagian dari iman).
Setelah kegiatan tracking, dia mengatakan, anak-anak main fun game di antaranya ramtamtam guli guli guli, permainan ambil tepung, war of candle, dan terakhir uji nyali  flying fox.

“Tujuannya (outbound) hanya satu, kita ini (SMP dan SMK) satu yayasan sehingga harapannya antar sub unit dengan yang lainnya bisa fusi/gabung jadi satu. Yang namanya berbeda itu pasti. Allah menciptakan kita agar berbeda tetapi apakah perbedaan itu bisa menyatukan atau memisahkan, ini menjadi pilihan,” papar dia.

Karena itu, Febby berharap, dengan adanya leadership diharapkan antara siswa SMP dengan SMK ada keberlanjutan.  Pasalnya, di tahun-tahun sebelumnya siswa SMP Islam Baitul Makmur tidak ada sama sekali yang mau masuk SMK Baitul Makmur.

 “Barangkali itulah kuncinya. Siswa SMP juga tahu kalau kakaknya tidak seperti yang mereka bayangkan, yang cuek, atau apa. Karena kemarin (saat pelaksanaan outbound) mereka itu terlihat saling melindungi. Demikian juga siswa SMK tidak melihat adik-adiknya siswa SMP tidak sombong seperti yang mereka kira. Ternyata mereka itu saling melindungi karena dalam satu kelompok. Bahasanya itu ukhuwah islamiyah. Menggalang ukhuwah Islamiyah di leadership,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMP Islam Baitul Makmur Ahmad Nur Syadzili, S.Pd, menambahkan, kegiatan outbound ini berawal dari aktivitas rutin SMP Islam Baitul Makmur yang berjudul Sinau Wisata yang digelar setiap satu semester. “Pelaksanaannya dilakukan setelah penilaian tengah semester atau PTS. Untuk kali ini, karena yang kami angkat adalah outbound maka sinau wisatanya berbentuk alam yang diselanggarakan di Coban Talun ini,’ jelasnya.

        Menurut dia, manfaat digelarnya outbound ini adalah yang perrtama, refreshing setelah siswa melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM). Manfaat kedua, latihan kepemimpinan atau leadershipnya, dan yang ketiga ada ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara menjaga alam. 

“Anak-anak nanti melakukan penanaman pohon atau penghijaun kembali secara simbolis,” kata dia.
      Dia berharap, pasca acara ini siswa lebih disiplin, mandiri, bisa mengatur anggotanya, khususnya terhadap diri sendiri. (hen)



Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto

Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 komentar:

  1. Outbond melatih siswa mandiri dan survive pada segala macam cuaca dan medan

    BalasHapus

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative