Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Selasa, 04 September 2018

Pembelajaran Makna Berkurban melalui Hari Raya Idul Adha

Administrator Web

MALANG_BM-Momen Hari Raya Idul Adha menjadi momen penting bagi umat Islam seluruh dunia. Sebagian besar lembaga pendidikan pun turut merayakannya. Begitu juga pelaksanaan kurban oleh sekolah yang bernaung di Yayasan Baitul Makmur Jalan Raya Sawojajar 17B pada Kamis (23/8/2018). Momen tersebut digelar dalam rangka mengajari siswa belajar dan mengetahui makna berkurban.

Kepala SD Islam dan SMK Baitul Makmur Dra. Hj. Fatimah, M.M mengatakan, latihan kurban dilakukan setiap tahun dengan melibatkan semua siswa Baitul Makmur mulai dari TK/PAUD, SD, SMP, hingga SMK. Sedangkan kepanitiaan dan pelaksanaan kurban dilakukan bersama seluruh guru dengan melibatkan wali murid.

“Pendanaan untuk pelaksanaan kurban diambilkan dari uang kegiatan siswa yang kontribusinya dari wali murid saat awal masuk sekolah. Misalnya, SD Rp 850 ribu, SMP 750 ribu, dan SMK Rp 1 juta. Jadi wali murid tidak ditarik lagi untuk uang kurban,” kata Bu Fat, sapaan akrab Dra. Hj. Fatimah, M.M.
Lebih lanjut Bu Fat menjelaskan, selain untuk kurban dana kegiatan siswa ini digunakan untuk bermacam-macam kegiatan, di antaranya untuk ekstra kurikuler, hari besar nasional, hari besar keagamaan, ulangan semester, dan lainnya. Dalam pelaksanaan kurban tahun ini disembelih satu ekor sapi dan tiga ekor kambing. Hasil penyembelihan kurban ini didistribusikan kepada siswa yang tidak mampu, fakir miskin/yatim piatu, dan warga di sekitar sekolah Baitul Makmur. Sedangkan sisanya dimasak bersama.

      “Insya Allah dengan kegiatan ini terus dilakukan bisa berkesinambungan, agar setiap tahunnya kita bisa memberikan gambaran nyata tentang makna dan semangat berkurban kepada anak-anak didik kita,” ujarnya.

      Bu Fat juga berharap dengan diselenggarakannya kegiatan penyembelihan hewan kurban, mampu meningkatkan semangat keikhlasan, untuk berbagi dalam kebersamaan kepada warga serta semangat untuk lebih tekun belajar bagi siswa-siswi Baitul Makmur. Ia pun berterimakasih kepada seluruh orang tua siswa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. (hen)


Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto

Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative