Informasi lengkap silahkan hubungi : 0341 - 717753

Rabu, 18 Juli 2018

Gelar Permainan untuk Jalin Kekompakan dan Kebersamaan Siswa SMK Islam Baitul Makmur

Administrator Web

MALANG_BM-Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di jenjang SMK Islam Baitul Makmur berakhir Rabu (18/7/2018). Selain pemberian materi, juga digelar aneka permainan untuk menjalin kekompakan dan kebersamaan siswa. Permainan yang digelar di halaman sekolah yang berlokasi di Jalan Sawojajar 17B No. 58 ini berlangsung meriah.


Ada tiga permainan yang digelar selama MPLS yakni, yang pertama, memasukkan jarum ke botol. Kedua, membawa gelas berisi air di atas sarung. Ketiga,mengisi air ke dalam botol air minum dalam kemasan (AMDK) kemasan 1,5 liter yang atasnya dilubangi. Untuk menjalankan ketiga permainan tersebut, setiap tim terdiri dari empat orang siswa.


Keriuhan acara terlihat saat permainan memasukkan paku ke dalam botol digelar. Paku yang diikat tepat di tengah-tengah tali dimasukkan secara bersamaan oleh empat orang yang masing-masing diikatkan tali di tempat ikat pinggang atau di bagian belakang bagian tubuh peserta lomba. Kekompakan anggota tim menentukan cepat tidaknya untuk memenangkan permainan ini.

Setelah beradu kekompakan dan strategi, akhirnya tim dari Kelas 11 berhasil memenangkan permainan ini. Selanjutnya, tim Kelas 11 berhadapan dengan tim guru SMK Islam Baitul Makmur yang berjumlah dua tim. Sayangnya, kedua tim guru tidak berhasil mengalahkan tim Kelas 11 yang lebh cepat memasukkan paku ke dalam botol.


Dalam permainan kedua, yakni membawa gelas berisikan air di atas sarung yang dibentangkan oleh masing-masing anggota tim siswa kembali diuji konsentrasi dan kekompakannya. Dengan hati-hati, empat tim siswa SMK Islam Baitul Makmur membawa gelas tersebut ke tempat yang sudah ditunjuk. Dari permainan ini tim dari Kelas 11 kembali sukses menyelesaikan tugasnya yang tercepat.


Selanjutnya, dalam permainan ketiga mengisi botol yang sudah dilubangi di bagian atasnya, kerja sama dan kekompakan siswa harus dilakukan. Pasalnya, tanpa ada itu tidak akan diraih hasil yang maksimal. Sebab, dalam permainan ini ada pembagian tugas yang jelas di antara anggota dalam satu tim. Misalnya, ada siswa yang harus mengambil air sedangkan anggota lainnya menutupi lubang di botol agar air tidak tumpah. Dari permainan ini, tim dari Kelas12 yang berhasil mempertahankan isi air dalam botol agar tidak tumpah dalam waktu yang ditentukan.


Digelarnya permainan selama menjalani MPLS ini, menurut Wakil Kepala Kurikulum SMK Islam Baitul Makmur Febby Cahya Triandra, S.Pd, M.Pd, bertujuan untuk membentuk semangat, kekompakan, dan kebersamaan siswa selama  menjalani pendidikan di SMK Islam Baitul Makmur. Karena itu, setiap usai permainan digelar dijelaskan makna atau filosofi dari setiap permainan tersebut.


Misalnya, ustadz Febby, dalam permainan mengisi air ke dalam botol yang dilubangi, siswa diajak melakukan kerja sama dan menjalankan organisasi yang baik dalam semua hal, khususnya selama mengenyam pendidikan di Baitul Makmur. (hen)


Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto

Administrator Web / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

3 komentar:

  1. Alhamdulillah. Semoga SMK Baitul Makmur semakin bagus dan bermutu kesepannya kelak. Baitul Makmur Adalah Kita

    BalasHapus
  2. Semoga SMK Baitul Makmur semakin kompak, semakin maju berkualitas dan go internasional

    BalasHapus
  3. Semoga SMK Baitul makmur makin maju berkualitas dan go internasional.

    BalasHapus

Coprights 2018 | Designed By | #GoldCreative